Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

2 jenis klaher yang ada pada kaki-kaki depan suzuki katana jimmy serta cara cek kerusakan nya

Slamat daTang di blog00tomotif

Setelah kami berhasil mengulas tentang cara dan kunci serta alat-alat yang akan digunakqn saat mengganti klaher pada mobil isuzu panther yang bagian depan tentunya sekarang kami akan membahas 2 jenis klaher yang ada pada bagian komponen kaki-kaki pada mobil suzuki katana jimmy bagian depan

Pada bagian kaki-kaki depan memang tedapat 2 jenis klaher pada mobil suzuki jimmy yang salahsatu nya yaitu:

1) Klaher king pen
2) klaher roda

Klaher kingpen pada mobil katana terdapat 2 buah yang terletak pada bagian bawah dan atas yang menghubungkan knuckle roda dengan gardan depan, istilah yang biasa disebut pada jenis mobil isuzu panther  bisa di sebut dengan balljoint atas dan balljoint bawah.

Namun pada jenis mobil suzuki katana tidak terdapat 2 buah balljoint yakni tedapat 2 buah klaher yang disebut dengan klaher kingpen yang berpungsi guna untuk menggerakan roda depan untuk berbelok disaat kemudi steer dibelokan.

Cara cek kerusakan pada klaher king pen

Untuk mengetahui bahwa klaher kingpen suzuki katana sudah mulai aus atau rusak yaitu dengan cara mendongkrak nya pada bagian tengah gardan depan sampai roda terangkat, setelah itu goyangkan roda nya ke atas dan kebawah. Jika roda terasa oblak saat digoyangkan keatas dan kebawah besar kemungkinan bawhwa klaher kingpen tersebut sudah rusak.

Jika klaher kingpen sudah rusak atau oblak biasanya dapat mengeluarkan suara bunyi gluduk-gluduk saat mobil dijalankan dan melewati jalanan rusak .

Yang kedua yaitu klaher roda.



Klaher roda pada mobil suzuki katana jimmy terdapat 2 buah jenis klaher roda yang terletak di bagian dalam dan luar. Klaher roda yang terletak pada bagian luar yaitu klaher roda kecil.  Sedangkan klaher roda bagian dalam adalah berukuran besar

Untuk mengetahui bahwa klaher roda pada mobil suUki katana jimmy sudah aus atau risak yaitu hampir mirip dengan cara mengecek kerusakan klahrer kingpen , namun yang membedakannya yaitu cara megecek klaher roda dengan digoyangkan rodanya ke kiri dan ke kanan, jika saat roda digoyangkan ke kiri dan kekanan terasa ada yang longgar atau oblak tentu besar kemungkinan klaher roda sudah rusak.

Selain dengan cara menggoyangkan tentunya ada cara lain untuk melakukan pengecekan pada klaher roda tersebut yaitu dengan cara memutarkan bagian roda tersebut apakah ada suara kasar seperti suara gemuruhvatau tidak. Jika tidak ada suara gemuruh atau getaran disaat roda tersebut di putarkan maka bisa jadi bahwa klaheer roda masih bagus.

Namun jika klaher roda sudah teridentipikasi rusak sebaiknya melKukan penggantian , kerusakan akibat klaher roda sudah oblak bisa berdampak pada bagian ban yang akibat nya ban bisa bergelombang dan tidak rata

Post a Comment for "2 jenis klaher yang ada pada kaki-kaki depan suzuki katana jimmy serta cara cek kerusakan nya"