cek kerusakan suspensi avanza belakang(bunyi gluduk-gluduk)

Cara mengatasi kerusakan kaki-kaki pada mobil toyota avanza yang bagian belakang.

Kaki-kaki belakang mobil avanza memang sangat sedikit, berbeda dengan kaki-kaki yang bagian depan nya.

Komponen kaki-kaki toyota avanza yang bagian belakang terdiri dari 4 bagian.


1) per keong
2) shockbreaker
3) bushing arm sayap
4) karet stabillizer

Dalam mendeteksi kerusakan pada komponen kaki kaki bagian belakang nya biasanya identik dengan adanya suara gluduk-gluduk.

1) yang pertama kita bahas tentang perusakan pada bagian Per keong atau coil spring( per ulir). per keong  pada umumnya jarang mengalami kerusakan . Kerusakan pada per keong tidak akan menyebabkan bunyi seperti gluduk-gluduk' kerusakan pada per keong biasanya teridentipikasi jika per terasa lemah atau amblas jika diisi muatan 2 atau 3 orang dari kursi bagian belakang. Atau terjadi miring sebelah alias tinggi sebelah. Jika hal itu terjadi maka kemungkinan besar per sudah lemah . Tapi hal itu tidak akan menyebabkan bunyi gluduk-gluduk

2) kerusakan pada Shockbreaker.
Kerusakan seperti bunyi gluduk-gluduk bisa terjadi jika shockbreaker tersebut sudah lemah atau bocor . Untuk lebih jelasnya bisa anda cek sendiri dengan cara menengok ke bagian kolong dan coba anda lihat apakah shockbreaker sudah bocor atau tidak? Jika shockbreaker sudah mengalami bocor kemungkinan besar bunyi tersebut diakibatkan dari shockbreaker nya yang sudah rusak. Selain itu kerusakan atau bocornya shockbreaker tersebut bisa berdampak limbung' dan yang lebih parahnya bisa membuat ban kemakan sebelah atau tidak rata dan bergelombang.

3) tapi Jika komponen shockbreaker masih bagus atau belum teridentipikasi bocor maka selanjutnya anda bisa cek bagian bushing arm. Tapi bushing arm pada suspensi avanza bagian belakqng jarang mengalami kerusakan, tapi  dalam hal ini tidak ada  salaHnya jika anda melakukan pengecekan terhadap bushing arm tersebut. Kerusakan pada bushing arm bisa anda lihat pada bagian karet bushing tersebut apakah karet bushing arm tersebut sudah ada retakan atau belum. Jika teridentipikasi belum ada retakan maka kemungkinan besar bushing arm masih bagus alias masih layak pakai.

4) kerusakan pada karet stabillizer.
karet stabillizer yang biasa mengalami kerusakan atau aus yaitu pada karet stabillizer yang sebelah kanan. Untuk mengetahui bagus atau tidak nya karet karet stabil tersebut yaitu dengan cara membukanya. Jika sudah terbuka maka kita baru bisa melihat apakah karwt tersebut sudah aus atau masih bagus, jika karet tersebut sudah rusak maka kemungkinan besar bunyi tersebut diakibatkan karna karet atabillizer bagian sebelah kanan sudah rusak.

Kesimpulan diatas tadi yang menyebabkan terjadinya bunyi gluduk- gluduk biasa terjadi akibat dua komponen yaitu dari bagian shockbreaker nya yang sudah rusak atau bocor. Dan yang kedua dari bagian karet stabillizer nya. Untuk lebih jelasnya anda bisa cek kedua komponen tersebut, karna komponen jenis per keong dan bushing arm tersebut jarang rusak.

Kata pencarian:
cek kaki-kaki belakang avanza
Suspensi avanza belakang bunyi gluduk-gluduk.
Cek shockbreaker avanza

Postingan terkait: