Deteksi kerusakan mesin mobil melalui cek pada bagian busi

Deteksi kerusakan mesin mobil melalui cek pada bagian busi



Mobil merupakan salahsatu alat kendaraan yang sangat diidamkan bagi setiap orang karna mampu membawa 4 sampai 5 orang didalam nya( untuk kendaraan jenis sedan.)

Jika mobil yang kita miliki merupakan mobil baru tentunya kita tidak akan merasakan sesuatu pada mobil tersebut seperti terjadinya kerusakan komponen bada bagian-bagian  mesin seperti mobil tersendat seakan mobil tersebut akan mogok selama 2 atau 3 tahun bahkan lebih ( hal itu juga tergantung perawatan dan pemakaian)

Namun jika mobil yang kita beli merupakan mobil bekas (second)biasanya selalu saja ada kekurangan pada kaki-kaki bahkan pada bagian mesin.

Apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia 2 atau 3 tahun biasanya keadaan mesin pada kendaraan mobil tersebut kurang normal seperti terjadi brebet atau tersendat sendat seakan mobil tersebut akan mati ( mogok) .

namun Sebelum kita mengecek komponen yang lain pada mesin mobil tersebut sebaiknya kita cek terlebih dulu pada bagian busi. Oleh kana itu kita harus mengetahui kondisi busi pada mobil tersebut apakah masih bagus atau sudah rusak.

(Source : begkel papadaan Oleh karna itu Kali ini kita akan membahas cara memeriksa kerusakan mobil lewat keadaan busi mobil, dalam hal ini kita akan mengetahui kerusakan mobil kita dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan saat kita melihat businya.

biasanya saat kita membuka busi mobil kita, kita akan mendapatkan bermacam-macam kondisi busi, seperti warnanya coklat, meleleh, gosong, hitam penuh kerak dan lain sebagainya. dengan memeriksa busi kita dapat dengan cepat mengetahui bagian mobil mana yang yang rusak, berikut ini adalah kondisi busi dengan kerusakannya:

1. busi berwarna coklat atau usang: pertanda busi mendekati masa habis bakai, segara ganti busi (kerusakan pada busi itu sendiri)

2. busi berwarna kekuning-kuningan atau kemerahan: artinya terjadi panas yang berlebihan pada mesin, biasanya masalah pada pendingin mesin mobil (radiator atau piranti pendingin lain).



3. gosong dan terjadi kerak: biasanya kesalahan pada setelan bahan bakar, cek aliran bensin dan peranti kelistrikan.

4. meleleh: elektroda gosong atau meleleh ini disebabkan oleh kompresi yang salah atau kebocoran di mesin, sebagian oli ikut terbakar pada mesin.

5. terdapat kerak yang banyak pada kepala busi: setelan bahan bakar yang jelek, terjadi kebocoran pada sill klep sehingga membuat sebagian oli masuk ke busi.

6. Basah: terdapat sisa pelumas di elektroda dan kepala busi, periksa timing atau ritme pengapian atau perbaiki bahan bakar yang biasa anda gunakan, misalnya dengan membeli premium di SPBU atau mengganti dengan pertamax

7. mobil mendadak mati atau tersendat hampir mati, biasanya panas pada koil. matikan mobil dan kompres koil dengan kain yang diberi sedikit air.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan buat anda . Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda

Pencarian:
Cara cek kondisi busi pada mobil
cek kerusakan busi
gejala akibat busi rusak
mobil mogok
mobil mogok akibat busi jelek

Comments