Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Tips Membersihkan busi motor dan Merawat Busi Motor yang baik dan benar

Tip car merawat busi- Busi merupakan Salahsatu komponen yang ada pada jenis kendaraan motor ataupun mobil yang mmpunyai bentuk kecil tapi sangat vital. Meskipun bentuk nyakecil tentunya busi membunyai peranan yang cukup besar . Karna sistem kerja busi berpungsi memberikan percikan api pada ruang pembakaran mesin. Dari beberapa perangkat pengapian pada sepeda motor ataupun mobil tentunya busi merupakan bagian komponen yang paling gampang perawatannya jika dibandingkan dengan bberapa komponen pengapian lainnya seperti, koil dan CDI.

namun Meskipun demikian, tentunya perawatan busi memerlukan perhatian tambahan, selain juga harus diganti secara rutin setiap setiap 10.000-20.000 km atau tergantung pada kondisi motor

Namun Sebelum melakukan penggantian pada busi alangkah baiknya kita mengetahui apakah busi masih berpungsi dengan baik atau sudah kurang maksimal dalam memberikan percikan pada ruang pembakaran. Namun jika kondisi busi kotor biasanya berasa disaat motor dijalankan dan terkadang tarikan nya kurang normal dan brepet

Namun Untuk mengetahui busi pada kendaraan anda masih bagus atau sudah jelek tentu kita hanya Cukup membuka busi tersebut dan mencermati Pada warna ujung kepala busi tersebut. Jika ujung busi berwarna putih hal itu menandakan bahwa pasokan udara dari karbu lebih banyak daripada bensin,

jika ujung busi berwarna hitam artinya pasokan bensin lebih banyak dibanding udara. Jika hal itu terjadi maka Akibatnya berpengaruh pada performa mesin jadi tidak maksimal, untuk mengatasi nya anda perlu melakukan menyetting ulang pafapilot jet dan main jet serta settingan udara pada karburator nya.

Nah, kembali ke cara merawat busi. Sebagai mana yang sudah saya simak di hargamotor tentang cara membersihkan busi yang baik dan benar.

Langkah Pertama Bukalah tutup busi dari busi , step ini biasanya ada beberapa jenis motor yang mudah melakukannya , dan ada beberapa yang agak sulit. ingat bukalah dengan cara yang benar jangan menarik kabel karena akan menyebabkan kop busi akan putus.

Buka busi dari motor, Biasanya setiap motor yang kita beli di beri berupa kunci busi yang bisa di bawa kemana mana dengan maksud  untuk memudahkan ganti busi jika ada kendala pada busi. Pada step ini kita buka busi menggunakan kunci yang ada . jika tidak ada dari bawaan motor kita bisa menggunakan kunci busi yang bisa kita beli di pasaran.

Rendam busi, Setelah  busi kita pegang , coba lah untuk merendamlah busi dalam wadah yang sudah di isi bensin  ,lakukan perendaman untuk beberapa saat. Langkah ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel lebih mudah dibersihkan.
Bersihkan menggunakan sikat kawat. Membersihkan busi bisa tergolongan cara yang mudah karena hanya menggunakan sikat kawat bisa membantu untuk mengangkat atau menyingkirkan kotoran yang menempel pada busi. memang membersihkan dengan caraa ini membutuhkan kesabaran karena kita menggosok secara perlahan ke bagian busi yang terlihat kotor saja. jangan sampe menggosok ke semua permukaan busi. Sebetulnya menggunakan sikat gigi ataupun lap keringpun bisa saja akan tetapi memperlukan tenaga dan juga waktu yang lebih lama daripada mengguanakan sikat kawat .

Bersihkan menggunakan sikat gigi / kuas kecil. Sebetulnya cara ini adalah optional dimana jika kita susah menggosok bagian kerak atau bagian yang sulit di bersihkan oleh sikat kawat. kita bisa gunakan sikat gigi / koas untuk menjangkau beberapa tempat.

Jika beberapa bagian  busi masih berkarat dan masih kotor sebaiknya lakukan beberapa langkah seperti pengamplasan karena kotoran dapat menghambat percikan bunga api yang dihasilkan. akan tetapi langkah ini perlu lebih di cermati karena di beberapa kasus dengan mengamplas bagian elektroda busi akan menimbulkan keregangan antara elektroda dan pemicu. setelah yakin bersih Sikat kembali dengan larutan bensin.

Jika dirasa sudah cukup  bersih  coba keringkan mengguanakan lap bersih yang kering , ataupun bisa mengguanakan compressor bertekanan tinggi agar kotoran yang masih tersisa diharapkan bisa tertiup,

jika busi masih terdapat kotoran yang agak susah dihilangkan maka alangkah baiknya lakukan pengorekan dengan benda seperti obeng min berukuran kecil atau benda lainnya. jika sudah sikat dengan lauratan bensin tersebut dan keringkan.

Pasangkan kembali busi ke rrumah busi dengan benar , jangan pernah paksakan untuk memasukan busi jika susah di masukan , biasanya jika memang pas akan mudah.
pasangkan kembali kop busi dengan benar dan pas , agar busi tertutup dengan baik dan terlindungi dari air.

Cara mengecek kondisi busi bisa dicoba dengan menempelkan kepala busi pada blog silinder kemudian tendang kick starter beberapa kali. Perhatikan warna percikan yang muncul. Jika berwarna biru maka busi dalam keadaan normal. Jika percikan terhalang oleh kerak, maka bisa dibersihkan dulu dengan tips diatas.

Kata pencarian:
cara penyetelan busi
busi motor basah dan hitam
langkah langkah membersihkan busi motor

Post a Comment for "Tips Membersihkan busi motor dan Merawat Busi Motor yang baik dan benar"