Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Penyebab bunyi di roda belakang avanza

Halo otomotif. Bagi anda pengguna mobil toyota avanza atau daihatsu xenia yang mengeluh dengan adanya suspensi bagian belakang Terasa bunyi kasar atau terdengar suara gluduk-gluduk ketika mobil melewati jalan rusak atau jalanan keriting, sebaiknya melakukan pemeriksaan pada bagian kaki-kaki. Karna mungkin saja salahsatu atau beberapa komponen suspensi pada mobil anda sudah mengalami kerusakan yang memang sudah sewajarnya melakukan penggantian,

Mengingat Suspensi belakang avanza memang tidak serumit suspensi depannya, yakni terdiri dari beberapa komponen seperti shockbreaker,karet stabillizer dan bushing arm. Jadi beberapa kompoen tersebut perlu dilakukan pengecekan secara manual. Jika salahsatu atau beberapa komponen sudah rusak sebaiknya diganti saja.


1. Cek Karet srabillizer (bushing leteral) avanza belakang


Yang pertama melakukan pengecekan pada bagian karet stabillizer ,
Letak Karet stabillizer avanza belakang posisinya di bagian roda kanan yang mengikat ke gardan, jika karet stabil rusak biasanya karet tersebut sudah aus, pecah atau sudah tipis, hal ini tentu dapat mengakibatkan batang stabillizer menjadi kendor sehingga dapat menimbulkan bunyi gluduk-gluduk saat mobil Melintasi jalanan rusak atau bergelombang.

Bagi anda yg ingin mengetahui proses pemasangan atau penggantian pada bagian karet stabil nya bisa anda simak pidio nya disini


2. Periksa bagian shockbreaker


Selanjutnya periksa juga bagian shock absorber nya, perhatikan apakah sudah ada rembesan oli keluar dari tabung shockbreaker, jika sokbreaker belum bocor tentunya bunyi juga diakibatkan shockbreaker sudah lemah, jika shockbreaker sudah bocor atau lemah tentunya dapat mengakibatkan bunyi, selain itu shockbreaker yang sudah bermasalah dapat berdampak mobil terasa limbung.

periksa bushing arm belakang


Selain shockbreaker dan karet stabillizer (karet bushing leteral) , penyebab lainnya bisa diakibatkan oleh bushing arm, meski bushing arm belakang avanza tergolong kuat atau jarang mengalami rusak, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan. Karna bisa saja bushing arm sudah jebol atau pecah.

Mungkin itu saja beberapa masalah di bagian kaki-kaki belakang avanza yang dapat mengakibatkan bunyi ketika melewati jalanan rusak. Semoga bermanfaat.

-- baca juga --
-Ciri ciri karet Bushing stabilizer bermasalah atau rusak
- ciri-ciri link stabillizer rusak
-penyebab bushing arm rusak atau pecah
-Letak dan Pungsi karet stopper Shock pada Mobil

2 comments for "Penyebab bunyi di roda belakang avanza "