Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Cara mudah membongkar dan membersihkan karburator motor dengan benar

Kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips tentang cara membersihkan karburator sepeda motor dengan cara yang mudah dan Sederhana. NamunSebelum ketahap membersihkan karburator, alangkah baiknya anda mengetahui beberapa pungsi karburator pada kendaraan sepeda motor.

Karna karburator merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran .


Di ibaratkan manusia bahwa karburator merupakan jantung sepeda motor yang memiliki peranan amat sangat penting yang sepatutnya kita sebagai pemilik kendaraan melakukan pembersihan atau service secara berkala agar akselerasi mesin motor anda tetap terjaga dengan baik dan prima


Namun apa jadinya jika komponen karburator motor anda sama sekali tidak pernah dibersihkan? maka hal itu dapat mengganggu kinerja pada mesin, karna besar kemungkinan bahwa saluran penting pada karburator bisa tersubat dengan adanya kotoran yang masuk kebagian karburator. Sehingga mesin menjadi kurang normal bahkan bisa brebet atau tersendat-sendat

Langkah Merawat dan membersihkan karburator sebenarnya cukup mudah dan sederhana, bahkan anda juga bisa melakukannya sendiri di sela-sela waktu renggang anda seperti pada hari libur demi mengisi kekosongan waktu libur anda.

Jika anda ingin melakukan pembersihan sendiri pada karburator
Berikut kami berikan sedikit tips tentang cara membuka dan membersihkan karburator motor


Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiap alat-alat untuk membuka karburator seperti obeng min dan plus serta kuci 10.

Setelah alat-alat atau kunci untuk membuka karburator sudah siap maka langkah selanjutnya yaitu melepaskan filter karburator yang terdapat pada mulut karburator yang biasanya menggunakan obeng min atau plus. Setelah filter karburator terlepas, bersihkan filter udara terlebih dulu dengan menggunakan cairan pembersih sampai benar-benar terlihat bersih tanpa ada sedikit debu atau kotoran lainnya. kemudian keringkan filter karburator sebelum anda memasangnya kembali.

Atau Anda juga dapat membersihkan filter karburator dengan meyemprotkan angin kompresor untuk membantu membersihkan debu atau kerak yang masih menempel pada filter karburator motor anda.

Langkah kedua yaitu membongkar baut karburator yang masih menempel di bagian manipul

Langkah selanjutnya Lepaskan semua baut yang mengikat karburator.

Setelah itu siapkan wadan yang berisi bensin secukupnya guna untuk merendam rumah
karburator beserta komponen lainnya yang ada pada bagian karburator motor.

Bersihkan rumah bagian dalam pada karburator serta membersihkan bagian komponen lainnya seperti pada lubang spuyer dan lubang stelan angin nya. Untuk membersihkan nya anda bisa menggunakan kuas, bersihkan sampai semua kotoran yang melekat benar-benar bersih .

Perlu diketahui sebelum anda membersihkan spuyer karburator motor, karna harus dilakukan dengan berhati-hati. Karna jika sedikit ceroboh dalam membersihkan spuyer dapat beresiko merubah ukuran diameter spuyer dan berakibat mesin kendaraan tidak dapat hidup normal. membersihkan semua kotoran yang melekat pada spuyer dan lubang spuyer nya.Setelah bersih, pasang kembali spuyer tersebut.

Gunakan obeng spuyer untuk pengecangannya dan jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

Setelah semua bagian karburator motor telah bersih maka tahap terakhir yaitu merakit kembali bagian-bagian karburator motor seperti pada awalnya.

Perlu anda perhatikan sebelum menutup semua bagian karburator, terlebih dahulu anda harus mengatur ketinggian pelampung bensin. Anda dapat menggunakan jangka sorong atau stigmat untuk mendapatkan sudut ketinggian yang tepat pada pelampung bensin karburator. Jika pelampung bensin sudah tepat, segera tutup karburator motor kemudian silahkan anda memasangnya kembali pada kendaraan motor anda.

Merawat karburator motor dengan cara membersihkan karburator secara rutin paling tidak dua bulan sekali dapat membuat mesin motor anda tetap prima dan memperlambat kerusakan yang lain nya.

Mungkin hanya itu saja informasi singkat tentang cara membersihkan karburator motor kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Anda dapat .ene.ukan artikel ini dengan dengan menggunakan keyword kata kunci pencarian dibawah ini:

Tips membongkar karburator motor
cara membersihkan karburator motor matic
membersihkan karburator motor dengan mudah
Service karbu motor dengan cairan pembersih


Artikel terkait
Dampak Positif Negatif menggunakan Knalpot Racing Pada Sepeda Motorker

Cara mudah menghidupkan motor injeksi yang sulit dihidupkan setelah terjatuhKerusakan Mesin motor

Tips Membersihkan busi motor dan Merawat Busi Motor yang baik dan benarKerusakan Mesin motor

2 Gejala KerusakanYang MengAkibatkan Rem Cakram Motor Keras

Post a Comment for "Cara mudah membongkar dan membersihkan karburator motor dengan benar"